Penyebab Bunyi Motor Ninja R Menjadi Kasar

Jumpa lagi sahabat, bagaimana hebatnya Ninja R? siapa yang tidak tau si Besi Laju yang satu ini hehe sesudah kemaring aku posting wacana Kumpulan gambar motor racing (ninja full racing) kini kita akan membahas sebab-sebab yang menjadikan motor kawasaki ninja menjadi kasar

 siapa yang tidak tau si Besi Laju yang satu ini hehe sesudah kemaring aku posting tentan Penyebab Suara Motor Ninja R Menjadi Kasar
Ninja R
Berhubungan motor saudara aku mengalami sedikit problem yakni bunyi mesinnya terdengar agresif dan lebih keras,berhubungan lantaran aku seorang Filosofi. Hahaha makanya aku memecahkan problem ini dengan rumusan Masalah--Penyebab--Teori Penyebab dan Akibat--Penyelesaian--Hasil hehe kira-kira ibarat itu,setelah aku menerapkan rumusan di atas jadinya aku temukan penyebabnya yakni Suara agresif lantaran mengganti knalpot freeflow(Racing).

Jadi bunyi agresif sesudah ganti knalpot freeflow itu wajar. Karena knalpot freeflow tidak ada kendala ibarat pada knalpot standard yg menggunakan catalic converter, sehingga bunyi sonicboom dari back pressurenya lebih jelar terdengar (seperti bunyi tawon). Biasanya dari Reedvalve juga bakal ada perubahan suara. Karena tekanan dari backpressure knalpot tadi yg lebih besar, maka pengisapan reed valve jadi semakin intense dan kerja buka tutup membran pada reed valve semakin keras. Biasanya suaranya ibarat bunyi mesin yang ngorok. Hal ini sangat wajar, apalagi bila knalpotnya lokal custom. Cara yang paling sederhana untuk ngetest seberapa jauh imbas sonicboom terhadap tekanan kerja mesin, coba akses HSASnya(disebelah kiri motor pas dibawah tabung YEIS) di tutup pake jari aja.HSAS membantu menyapu gas buang dengan menyuntikan udara segar kedalam exhaust chamber. Bandingkan ketika HSAS terbuka, lantaran bila HSAS ditutup maka tekanan didalam sistem gas buang akan berkurang dan suaranya akan sedikit lebih halus.Kalau problem seputar piston, ring piston, & boring yang rusak biasanya suaranya klotek2. Kayak ada kepingan besi yang lepas didalam mesin. Dan suaranya bakal lebih parah lagi (klotek2) kalau setang piston sudah oblak. Biasanya motor R yang dipacu dengan extrem sebaiknya ganti ring piston di tiap 15.000km (sebelum dinding boring tergores).

Akhirnya sesudah mengetahui hal ini saudara aku memutuskan akan mengganti kanlpotnya menjadi knalpot standar.

Makara itulah penyebab bunyi motor ninja anda menjadi agresif atau berisik. Makara untuk anda yang bertanya mengapa bunyi motor ninja anda menjadi tidak normal mungkin itu lantaran knalpot yang anda pakai.

Ok sekian dari agar bermanfaat teman.
baca juga Velg Comet Gold di Ninja R

Wassalamualaikum wr,wb.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel