Definisi Dan Pengertian Administrasi - Ilmu Manajemen

Manajemen sanggup didefinisikan dalam banyak sekali versi, dari yang singkat hingga yang rinci, namun pada dasarnya tetaplah sama, yakni proses mengelola dan melakukan aktifitas-aktifitas pekerjaan biar terselesaikan sesuai yang diharapkan. Definisi yang singkat contohnya berdasarkan Chung dan Megginson (1981) administrasi didefinisikan sebagai ;”the process of getting the job done”(Chung & Megginson: 1981), yang dengan demikian sanggup berarti bahwa proses mengelola suatu pekerjaan biar terealisasi sesuai yang diharapkan mungkin pula diterapkan secara individu.

Definisi yang agak rinci menyatakan bahwa administrasi yaitu “the arts of getting things done through people (seni dalam menuntaskan sesuatu melalui orang lain), yang artinya upaya penyelesaian pekerjaan gres sanggup disebut sebagai administrasi apabila menyertakan orang lain. Dan yang lebih rinci lagi yaitu “management as the process of coordinating work activities so that they are completed efficiently and effectively with and through other people (Robbins et all: 2003).

 yakni proses mengelola dan melakukan aktifitas Definisi dan pengertian administrasi - Ilmu Manajemen

Definisi lain yang sangat rinci menyebutkan “management as the attainment of organisational goals in an effective and efficient manner through planning, organizing, leading and controlling organizational resources” (Samson dan Daft 2004), mereka bahkan menegaskan bahwa pengelolaan penggunaan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan dan performa terbaik ini bersifat universal, yang dengan demikian berarti bahwa fungsi-fungsi administrasi yaitu sama dimana saja dan kapan saja pada seluruh jenis organisasi.
 
Definisi atau pengertian mana yang paling sempurna ? terserah anda alasannya keseluruhannya mengandung inti pokok yang sama, yakni:

  1. manajemen yaitu suatu kecakapan yang membutuhkan nalar dan naluri (karenanya sanggup dipelajari sebagai suatu ilmu dan dipraktekkan sebagai seni) dalam mengelola aktifitas-aktifitas pekerjaan untuk mencapai tujuan.
  2. Pengelolaan aktifitas-aktifitas dimaksudkan untuk  mengefisiensikan penggunaan sumberdaya dalam pencapaian tujuan (efektif).
  3. Agar aktifitas-aktifitas pekerjaan tersebut terealisasi secara efisien dan efektif maka harus dikelola melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian. 
Sementara itu dari uraian ihwal mengapa administrasi dibutuhkan serta pengertian administrasi maka sanggup diuraikan tiga alasan pentingnya administrasi yaitu:


  1. Untuk mencapai tujuan, baik tujuan organisasi maupun pribadi.
  2. Untuk mencapai keseimbangan di antara tujuan-tujuan yang saling bertentangan mengingat organisasi terdiri dari elemen-elemen yang terkadang mempunyai interest serta kebutuhan yang berbeda pula
  3. Untuk mencapai efisiensi dan efektivitas (Handoko 1994)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel