Infromasi Jalur Registrasi Sbmptn 2017/2018

informasi SBMPTN 2017/2018. Setelah sebelumnya ihwal Jalur Pendafataran perguruan tinggi SNMPTN 2017/2018, kini penulis akan mengembangkan salah satu Jalur Masuk registrasi perguruan tinggi. Berikut gosip lengkapnya
Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 ihwal Pendidikan Tinggi, juncto Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 ihwal Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, juncto Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 2 Tahun 2015 ihwal Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri, sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 45 Tahun 2015 ihwal Perubahan atas Permenristekdikti Nomor 2 Tahun 2015 ihwal Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri, contoh penerimaan mahasiswa gres kegiatan Sarjana dilakukan melalui: Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri. SBMPTN 2016 ialah seleksi yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi Negeri secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi menurut hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (Paper Based Testing) atau memakai komputer (Computer Based Testing), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa.
Pembiayaan penyelenggaraan SBMPTN dibebankan kepada peserta seleksi dan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Peserta SBMPTN dari keluarga kurang bisa secara ekonomi dan mempunyai prestasi akademik tinggi sanggup mengikuti SBMPTN tanpa dibebani biaya tetapi didanai melalui dana tunjangan biaya pendidikan Bidikmisi.
Informasi SBMPTN 2016 meliputi: ketentuan dan persyaratan umum, tata cara pembayaran biaya seleksi, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan jumlah pilihan Perguruan Tinggi Negeri serta kegiatan studi. Secara rinci, gosip lengkap mengenai SBMPTN dimuat dalam Panduan SBMPTN yang sanggup diakses di laman resmi http://www.sbmptn.ac.id.
Semoga gosip ini bermanfaat bagi persiapan peserta untuk mengikuti SBMPTN 2016.
Setelah sebelumnya ihwal Jalur Pendafataran perguruan tinggi SNMPTN Infromasi Jalur Pendaftaran SBMPTN 2017/2018

Seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa gres di lingkungan Perguruan Tinggi Negeri melalui ujian tertulis secara nasional yang selama ini telah dilakukan menawarkan banyak sekali laba dan keunggulan, baik bagi peserta, PTN, maupun bagi kepentingan nasional. Bagi peserta, seleksi bersama menguntungkan sebab lebih efisien, murah, dan fleksibel. Hal ini dikarenakan adanya prosedur lintas wilayah.
Berdasarkan pengalaman dalam melakukan SBMPTN, yaitu seleksi penerimaan mahasiswa gres melalui ujian tertulis atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan, maka pada tahun 2016 Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) melakukan Ujian tertulis yang terdiri dari Paper Based Testing (PBT) dan Computer Based Testing (CBT), yang sanggup diikuti oleh siswa lulusan tahun 2014, 2015, dan 2016 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, termasuk Paket C.
Ujian tertulis yang terdiri dari PBT dan CBT memakai soal-soal ujian yang dirancang mengikuti kaidah-kaidah akademik pengembangan tes. Ujian tertulis SBMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan dasar yang sanggup memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua kegiatan studi, yakni kemampuan kebijaksanaan sehat tingkat tinggi (higher order thinking), yang mencakup potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang sains dan teknologi (saintek) dan/atau bidang sosial dan humaniora (soshum). Selain mengikuti ujian tertulis (PBT atau CBT), peserta yang menentukan kegiatan studi Ilmu Seni dan/atau Keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan.

Tujuan

Tujuan SBMPTN ialah sebagai berikut:
  1. Menyeleksi calon mahasiswa yang diprediksi bisa menuntaskan studi di perguruan tinggi dengan baik.
  2. Memberi peluang bagi calon mahasiswa untuk menentukan lebih dari satu Perguruan Tinggi Negeri lintas wilayah.

Ketentuan Umum dan Persyaratan

Untuk gosip lebih lengkap ihwal syarat-syarat mengikuti jalur masuk SBMPTN 2016/2017 bagi calon mahasiswa gres silakan ke artikel berikut Persyaratan yang harus dipenuhi Calon Mahasiswa Baru untuk mengikuti SBMPTN 2017/2018

Jadwal Pelaksanaan

Untuk gosip ihwal jadwal pelaksaan SBMPTN 2016/2017 ibarat jadwal pendaftaran, jadwal seleksi dan pengumuman silakan ke artikel berikut Jadwal Penyelenggaraan SBMPTN 2017/2018 untuk Calon Mahasiswa Baru

Jenis Ujian

  1. Ujian Tertulis (PBT atau CBT)
  2. Materi Ujian Tertulis terdiri atas:
    1. Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA).
    2. Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
    3. Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

  1. Ujian Keterampilan
  2. Ketentuan Ujian Keterampilan sebagai berikut.
    1. Ujian Keterampilan diperuntukkan bagi peminat kegiatan studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan.
    2. Ujian Keterampilan bidang Ilmu Seni terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang Ilmu Seni terkait.
    3. Ujian Keterampilan bidang Ilmu Keolahragaan  terdiri atas investigasi kesehatan dan tes keterampilan motorik.
    4. Ujian Keterampilan sanggup diikuti di Perguruan Tinggi Negeri terdekat yang mempunyai kegiatan studi yang sesuai dengan pilihan peserta. Daftar Perguruan Tinggi Negeri penyelenggara ujian keterampilan secara lengkap sanggup dilihat di laman http://www.sbmptn.ac.id.

Kelompok Ujian

Kelompok ujian SBMPTN terbagi menjadi 3 (tiga), yaitu:
  1. Kelompok Ujian Saintek  dengan materi ujian TKPA dan TKD Saintek.
  2. Kelompok Ujian Soshum  dengan materi ujian TKPA dan TKD Soshum.
  3. Kelompok Ujian Campuran  dengan materi ujian  TKPA, TKD Saintek, dan TKD Soshum.
Setiap peserta sanggup mengikuti kelompok ujian Saintek, Soshum, atau Campuran.
Khusus untuk peserta CBT hanya dibolehkan mengikuti kelompok ujian Saintek saja atau kelompok ujian Soshum saja

Kelompok Program Studi dan Jumlah Pilihan

  1. Program Studi yang ada di Perguruan Tinggi Negeri dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek  dan kelompok Soshum.
  2. Peserta sanggup menentukan kegiatan studi sebanyak-banyaknya 3 (tiga) kegiatan studi dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. Jika kegiatan studi yang dipilih semuanya dari kelompok Saintek, maka peserta mengikuti kelompok ujian Saintek.
    2. Jika kegiatan studi yang dipilih semuanya dari kelompok Soshum, maka peserta mengikuti kelompok ujian Soshum.
    3. Jika kegiatan studi yang dipilih terdiri dari kelompok Saintek dan Soshum, maka peserta mengikuti kelompok ujian Campuran.
  3. Urutan dalam pemilihan kegiatan studi menyatakan prioritas pilihan.
  4. Peserta ujian yang hanya menentukan 1 (satu) kegiatan studi sanggup menentukan kegiatan studi di Perguruan Tinggi Negeri manapun.
  5. Peserta ujian yang menentukan 2 (dua) kegiatan studi atau lebih, salah satu pilihan kegiatan studi tersebut harus di Perguruan Tinggi Negeri yang berada dalam satu wilayah registrasi dengan kawasan peserta mengikuti ujian. Pilihan kegiatan studi yang lain sanggup di Perguruan Tinggi Negeri di luar wilayah registrasi kawasan peserta mengikuti ujian.
  6. Daftar wilayah pendaftaran, kegiatan studi, daya tampung per Perguruan Tinggi Negeri tahun 2016, dan jumlah peminat  kegiatan studi per Perguruan Tinggi Negeri tahun 2016 sanggup dilihat di lamanhttp://www.sbmptn.ac.id mulai tanggal 11 April 2016.
 Biaya Seleksi Ujian Tertulis dan Keterampilan
  1. Biaya seleksi yang ditanggung oleh peserta sebesar Rp. 200.000,00 (dua ratus ribu rupiah).
  2. Biaya seleksi sanggup dibayarkan melalui salah satu bank berikut ini: Bank Mandiri atau Bank BNI.
  3. Biaya seleksi yang sudah dibayarkan tidak sanggup ditarik kembali dengan alasan apa pun.

Peserta Pelamar Program Bidikmisi

Untuk gosip bagi Calon mahasiswa yang ingin mengikuti Program Beasiswa BIDIKMISI silakan ke artikel berikut Informasi Beasiswa Bidikmisi untuk SBMPTN 2017/2018 Untuk Calon Mahasiswa Baru

Laman Resmi dan Alamat Panitia Pusat

  1. Informasi resmi mengenai SBMPTN 2016 sanggup diakses melalui laman resmi http://www.sbmptn.ac.id.
  2. Informasi resmi lainnya juga sanggup diperoleh melalui Twitter : @SekreSBMPTN, Facebook : www.facebook.com/SekreSBMPTNHelpdesk : http://halo.sbmptn.ac.id, dan call center 0804 1 456 456.
  3. Alamat Panitia Nasional SNMPTN 2016:
    • Gedung Rektorat Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sayap Utara Lantai 1
    • Jl. Colombo No. 1 Yogyakarta 55281,
    • Telepon (0274) 544049,
    • Faksimile (0274) 520325,
    • E-mail : sekretariatseleksi2016@uny.ac.id

Lain-lain


Segala perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan SBMPTN 2017 akan diinformasikan melalui laman http://www.sbmptn.ac.id. dan Panduan Peserta SBMPTN 2016.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel