Vitamin Dan Makanan Untuk Memperkuat Daya Ingat

Vitamin yang berfungsi untuk memperkuat daya ingat, apakah itu penting? Sebagian besar di antara kita pernah mengalami keadaan sulit mengingat atau menghafal, namun tak jarang situasi ini dianggap sebagai hal yang lazim atau normal. Padahal, apabila terus dibiarkan kondisi sanggup berakibat buruk.

 Vitamin yang berfungsi untuk memperkuat daya ingat Vitamin dan Makanan untuk memperkuat daya ingat

Anda mungkin akan menghadapi beberapa problem kesehatan serius termasuk kehilangan memori nah olehkarena itu aku akan membuatkan sedikit isu vitamin-vitamin yang membuat daya ingat anda kuat dan tentunya fresh sampai memperkuat memori anda. Berikut ini ialah vitamin serta sumber masakan yang sanggup meningkatkan memori atau ingatan anda :


  • Vitamin B
Penelitian menunjukkan, vitamin B meningkatkan memori dengan membuat perisai pelindung bagi neuron di otak. Vitamin B penting untuk memori termasuk B6, B12, dan asam folat (B9).
  1. Vitamin B6 : Penelitian telah menunjukan efektivitas dari vitamin ini sebagai retensi memori serta bantuan terhadap promosi kesehatan otak. Sumber masakan dari vitamin B6 termasuk kacang polong, daging, sereal, ikan, unggas, pisang, kedelai, alpukat, selai kacang, kentang, bayam, keju, gandum, kacang-kacangan, sereal, susu dan telur. Namun perlu diketahui, vitamin B6 sangat sensitif terhadap sinar ultraviolet dan panas, sehingga sejumlah besar nutrisi ini bisa hilang selama proses memasak.
  2. Vitamin B9 : asam folat(vitamin b9) sanggup mengurangi level homosistein dalam darah. Tingginya Homocystein sanggup merusak dan membahayakan sel-sel otak, sehingga menyebabkan hilangnya memori. Sumber pangan yang paling penting dari asam folat ialah sayuran berdaun hijau dan kacang-kacangan. Selain itu, asam folat juga sanggup mendorong produksi sel darah merah serta meningkatkan mental.
  3. Vitamin B12 : Ini membantu untuk menghasilkan sel darah merah yang membawa oksigen ke otak. Hal ini juga membantu dalam perbaikan serabut saraf di otak. Sumber vitamin ini ialah daging dan produk hewani lainnya ibarat telur dan keju. Selain itu juga, beberapa sereal yang diperkaya dengan vitamin B12.
  • Vitamin D
Orang renta lebih berisiko menderita kekurangan vitamin D dan ini sanggup kuat terhadap fungsi kognitif dan kesehatan mental. Hypovitaminosis D, yang disebabkan kekurangan vitamin D, banyak ditemukan pada mereka yang berusia cukup lanjut.
Sebuah studi yang diterbitkan dalam "American Journal of Geriatric Psychiatry" melibatkan 80 relawan dan 40 di antaranya mengalami Alzheimer. Penelitian ini dimaksudkan untuk mempelajari kekerabatan antara vitamin D, dengan suasana hati, kinerja fisik dan fungsi kognitif. Hasil studi menunjukkan, jawaban defisiensi vitamin D, terbukti ada hubungannya dengan gangguan pada kinerja kognitif.
  • Kolin dan Tiamin
Kolin merupakan nutrisi penting yang termasuk dalam kategori vitamin. Tubuh insan mensintesis beberapa kolin. Sangat penting untuk pembentukan neurotransmitter yang disebut asetilkolin. Reaksi kolin dalam otak ternyata sanggup mencegah hilangnya memori dan meningkatkan fungsi otak. Nutrisi ini hadir dalam aneka macam makanan, terutama dalam kacang, susu dan telur. Sedangkan tiamin merupakan suatu jenis vitamin B, yang juga penting dalam memproduksi asetilkolin. Sumber masakan vitamin ini ialah biji-bijian, biji labu, daging babi, kacang, roti diperkaya dan sereal dan kacang kering.
  • Antioksidan
Beberapa vitamin memperlihatkan sifat anti-oksidasi yang sangat baik dan mereka mempunyai kemampuan untuk melindungi jaringan otak dari radikal bebas berbahaya. Seperti contohnya vitamin C, E dan beta karoten (vitamin A) yang kandungannya mempunyai kemampuan untuk itu.
Antioksidan dan memori saling bekerjasama lantaran radikal bebas sanggup mengganggu fungsi neuron otak. Seperti halnya vitamin B, antioksidan ini juga memperlihatkan derma kepada struktur otak dari ancaman kerusakan, disebabkan oleh radikal bebas, yang sanggup menyebabkan kehilangan memori dari waktu ke waktu. Mengkonsumsi masakan yang mengandung antioksidan ibarat berry dan buah jeruk, dan sayuran ibarat paprika, brokoli dan bayam sangat bermanfaat. Sereal, kacang-kacangan, minyak sayur dan biji ialah pola masakan yang kaya akan Vitamin E.
Konsumi rutin dari semua jenis vitamin ini sanggup membantu melawan problem hilangnya memori jangka pendek yang mungkin terjadi di masa depan. Vitamin-vitamin tersebut akan bekerja baik pada memori kita, apabila ditunjang dengan gaya hidup sehat. Olahraga teratur, diet yang tepat, kebiasaan tidur yang baik, administrasi stres yang tepat, berhenti merokok dan tidak minum alkohol sudah niscaya akan membantu anda dalam meningkatkan memori.
4 jenis vitamin diatas memang penting untuk merangsang otak semoga lebih efektif dan pada gilirannya sanggup mempengaruhi kesadaran memori, konsentrasi dan mental sampai batas tertentu. jadi kalau anda sayang dengan otak anda mulai sekrang komsumsilah makanan-makanan yang banyak mengandung vitamin tersebut










Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel