Apa Itu Kepribadian? Definisi Kepribadian

apa sih kepribadian itu? tentunya sebelum memakai kata kepribadian atau mengaplikasikannya dalam kehidupan setidaknya kita punya pandanga perihal apa itu kepribadian ataupun definisi kepribadian.
 
 tentunya sebelum memakai kata kepribadian atau mengaplikasikannya dalam kehidupan set Apa itu kepribadian? Definisi kepribadian
 
Kepribadian mempunyai banyak arti alasannya yakni perbedaan sudut pandang para hebat yang didasarkan dari hasil penelitian, cara pengukuran maupun teori yang dikemukakan. Demikian juga perihal definisi kepribadian belum ada janji dari para ahli. Menurut Calvin S. Hall dan Gardner Lindzey (2000) bahwa Allport (1937) dalam penelitiannya menemukan hampir 50 definisi kepribadian yang saling berbeda dan digolongkan ke beberapa kategori. Beberapa batasan pengertian atau definisi kepribadian sanggup dikemukakan menurut:
  • Koswara (1997) dalam pengertian sehari-hari. Kepribadian yakni “bagaimana individu menampilkan dan menjadikan kesan bagi individu lain”
  • Allport (1937) sebagaiman dikutip oleh Gunarso.S.D dan Ny Gunarsa.S.D (1989). Kepribadian yakni “suatu organisasi yang dinamis dari sistem-sistem psikofisis di dalam individu yang memilih penyesuaian yang khas terhadap lingkungannya”
  • Maramis (1999) kepribadian yakni “keseluruhan teladan pikiran, perasaan, dan sikap yang sering dipakai oleh seorang dalam perjuangan pembiasaan yang terus-menerus terhadap hidupnya”
  • Freud yang dikutip oleh Koswara (1991). Kepribadian yakni “suatu struktur yang terdiri dari tiga sistem, yakni id, ego, dan superego”
  • Kusumanto Setyonegoro kepribadian yakni “segal corak kebiasaan insan yang terhimpun dalam dirinya, yang dipakai untuk bereaksi dan menyesuaikan terhadap segala rangsang, baik yang tiba dari dalm dirinya maupun lingkungannya sehingga corak dan cara kebiasaannya itu merupakan suatu kesatuan fungsional yang khas untuk insan itu”
  • Soeharto Heerdjan (1987) kepribadian yakni “himpunan segala fungsi kejiwaan seseorang sebagai suatu kesatuan dinamis dengan mengusahakan penyesuaian diri orang tadi terhadap tuntutan hidup sambil menjaga keseimbangan diri, baik secara fisik maupun psikis”
  • Calvin S. Hall dan Gardner Lindzey (2000) kepribadian yakni “sesuatu yang member tata tertib dan keharmonisan terhadap segala macam tingkah laris berbeda-beda yang dilakukan individu”
Jadi, kepribadian mengikuti mencakup segala corak tingkah laris individu yang terhimpun dalam dirinya, yang dipakai untuk bereaksi dan mengikuti keadaan terhadap segala rangsang, baik yang tiba dari luar dirinya atau lingkungannya maupun dari dalam diri sendiri sehingga corak tingkah lakunya itu merupakan satu kesatuan fungsional yang khas bagi individu itu. Dengan kata lain segala tingkah laris individu yakni manifestasi dari kepribadian yang dimiliknya sebagai perpaduan yang timbul dari dalam diri dan lingkungannya.
Pandangan eksklusif penulis perihal apa itu Kepribadian, secara filosofis kepribadian yakni karya anda, anda yakni eksklusif dan kepribadian yakni sesuatu yang menciptakan eksklusif anda eksis.





Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel