7 Besaran Dasar Fisika (Dengan Satuannya Masing-Masing)

Fisika yaitu ilmu yang mempelajari benda-benda serta fenomena dan keadaan yang terkait dengan benda-benda tersebut. Untuk menggambarkan suatu fenomena yang terjadi atau dialami suatu benda, maka didefinisikan aneka macam besaran-besaran fisika.
Besaran-besaran fisika ini contohnya panjang, jarak, massa, waktu, gaya, kecepatan, temperatur, intensitas cahaya, dan sebagainya. Terkadang nama dari besaran-besaran fisika tadi mempunyai kesamaan dengan istilah yang digunakan dalam keseharian, tetapi perlu diperhatikan bahwa besaran-besaran fisika tersebut tidak selalu mempunyai pengertian yang sama dengan istilah-istilah keseharian. Seperti contohnya istilah gaya, usaha, dan momentum, yang mempunyai makna yang berbeda dalam keseharian atau dalam bahasa-bahasa sastra.
Besara-besaran fisika didefinisikan secara khas, sebagai suatu istilah fisika yang mempunyai makna tertentu. Terkadang besaran fisika tersebut hanya sanggup dimengerti dengan memakai bahasa matematik, terkadang sanggup diuraikan dengan bahasa sederhana, tetapi selalu terkait dengan pengukuran (baik pribadi maupun tidak langsung). Semua besaran fisika harus sanggup diukur, atau dikuatifikasikan dalam angka-angka. Sesuatu yang tidak sanggup dinyatakan dalam angka-angka bukanlah besaran fisika, dan tidak akan sanggup diukur.


 Fisika yaitu ilmu yang mempelajari benda 7 Besaran dasar fisika (dengan satuannya masing-masing)

Antara besaran fisika yang satu dengan besaran fisika yang lain, mungkin terdapat hubungan. Hubungan-hubungan antara besaran fisika ini sanggup dinyatakan sebagai persamaan-persamaan fisika, saat besaran-besaran tadi dilambangkan dalam simbol-simbol fisika, untuk meringkas penampilan ersamaannya. Karena besaran-besaran fisika tersebut mungkin saling terkait, maka tentu ada sejumlah besaran yang mendasari semua besaran fisika yang ada, yaitu semua besaran-besaran fisika sanggup dinyatakan dalam sejumlah tertentu besaran-besaran fisika, yang disebut sebagai besaran-besaran dasar. Terdapat tujuh buah besaran dasar fisika (dengan satuannya masing-masing)
  1. panjang (meter)
  2. massa (kilogram)
  3. waktu (sekon)
  4. arus listrik (ampere)
  5. temperatur (kelvin)
  6. jumlah zat (mole)
  7. intensitas cahaya (candela)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel