Contoh Makalah Efek Perpustakaan Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan

KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Tuhan yang telah menolong hamba-Nya menuntaskan makalah ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan Dia mungkin penyusun tidak akan sanggup menuntaskan dengan baik.

Makalah ini disusun supaya pembaca sanggup mengetahui seberapa besar efek perpustakaan sekolah terhadap mutu pendidikan yang kami sajikan menurut pengamatan dari banyak sekali sumber. Makalah ini di susun oleh penyusun dengan banyak sekali rintangan. Baik itu yang tiba dari diri penyusun maupun yang tiba dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan balasannya makalah ini sanggup terselesaikan.

Makalah ini memuat wacana “Pengaruh Perpustakaan Sekolah terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah” dan sengaja dipilih alasannya menarik perhatian penulis untuk dicermati dan perlu mendapat santunan dari semua pihak yang peduli terhadap dunia pendidikan.

Penyusun juga mengucapkan terima kasih kepada guru/dosen pembimbing yang telah banyak membantu penyusun supaya sanggup menuntaskan makalah ini.

Semoga makalah ini sanggup memperlihatkan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Penyusun mohon untuk saran dan kritiknya. Terima kasih.

Penulis


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG MASALAH
B. IDENTIFIKASI MASALAH
C. PEMBATASAN MASALAH.
D. PERUMUSAN MASALAH.

BAB II PEMBAHASAN
A. TUJUAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH.
B. FUNGSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH.
C. SUMBANGAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN DI SEKOLAH.

BAB III PENUTUP
A. SIMPULAN
B. SARAN

Daftar Pustaka.





BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG MASALAH
Ilmu pengetahuan dan teknologi selalu berkembang dan mengalami kemajuan, sesuai dengan perkembangan zaman dan perkembangan cara berpikir manusia. Bangsa Indonesia sebagai salah satu negara berkembang tidak akan bisa maju selama belum memperbaiki kualitas sumber daya insan bangsa kita. Kualitas hidup bangsa sanggup meningkat bila ditunjang dengan sistem pendidikan yang mapan. Dengan sistem pendidikan yang mapan, memungkinkan kita berpikir kritis, kreatif, dan produktif.

Dalam Undang-Undang Dasar 1945 disebutkan bahwa negara kita ingin mewujudkan masyarakat yang cerdas. Untuk mencapai bangsa yang cerdas, harus terbentuk masyarakat belajar. Masyarakat berguru sanggup terbentuk bila mempunyai kemampuan dan keterampilan mendengar dan minat baca yang besar. Apabila membaca sudah merupakan kebiasaan dan membudaya dalam masyarakat, maka terperinci buku tidak sanggup dipisahkan dari kehidupan sehari-hari dan merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi.

Dalam dunia pendidikan, buku terbukti berdaya guna dan bertepat guna sebagai salah satu sarana pendidikan dan sarana komunikasi. Dalam kaitan inilah perpustakaan dan pelayanan perpustakaan harus dikembangkan sebagai salah satu instalasi untuk mewujudkan tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa. Perpustakaan merupakan bab yang vital dan besar pengaruhnya terhadap mutu pendidikan.

Judul makalah ini sengaja dipilih alasannya menarik perhatian penulis untuk dicermati dan perlu mendapat santunan dari semua pihak yang peduli terhadap dunia pendidikan.

B. IDENTIFIKASI MASALAH (LATAR BELAKANG)
Sesuai dengan judul makalah ini “Pengaruh Perpustakaan Sekolah terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah”, terkait dengan pelaksanaan kegiatan pendidikan di sekolah dan fungsi serta sumbangan perpustakaan terhadap pelaksanaan kegiatan tersebut.
Berkaitan dengan judul tersebut, maka masalahnya sanggup diidentifikasi sebagai berikut :
1. Bagaimana kiprah perpustakaan terhadap pelaksanaan kegiatan pendidikan di sekolah
2. Bagaimana cara supaya perpustakaan sekolah benar-benar sanggup meningkatkan mutu pendidikan di sekolah ?

C. PEMBATASAN MASALAH.
Untuk memperjelas ruang lingkup pembahasan, maka dilema yang dibahas dibatasi pada dilema :
a. Peran perpustakaan terhadap pelaksanaan kegiatan pendidikan di sekolah;
b. Cara-cara supaya perpustakaan sekolah benar-benar sanggup meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.

D. Perumusan Masalah.
Berdasarkan latar belakang dan pembatasan dilema tersebut, masalah-masalah yang dibahas sanggup dirumuskan sebagai berikut :
1. Bagaimana deskripsi kiprah perpustakaan terhadap pelaksanaan kegiatan pendidikan di sekolah ?
2. Bagaimana deskripsi cara supaya perpustakaan sekolah benar-benar sanggup meningkatkan mutu pendidikan di sekolah ?


BAB II
PEMBAHASAN

Perpustakaan merupakan bab intergral dari forum pendidikan sebagai daerah kumpulan materi pustaka, baik berupa buku maupun bukan buku.
Sesuai dengan judul makalah ini, pembahasan mencakup tujuan perpustakaan, fungsi perpustakaan dan sumbangan perpustakaan terhadap pelaksanaan kegiatan pendidikan.

A. TUJUAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH.
Tujuan utama penyelenggaraan perpustakaan sekolah yaitu meningkatkan mutu pendidikan bersama-sama dengan unsur-unsur sekolah lainnya. Sedangkan tujuan lainnya yaitu menunjang, mendukung, dan melengkapi semua kegiatan baik kurikuler, ko-kurikuler dan ekstra kurikuler, di samping dimaksudkan pula sanggup membantu menumbuhkan minat dan menyebarkan talenta murid serta memantapkan taktik berguru mengajar.
Namun secara operasional tujuan perpustakaan sekolah bila dikaitkan dengan pelaksanaan kegiatan di sekolah, diantaranya yaitu :
1. Memupuk rasa cinta, kesadaran, dan kebiasaan membaca.
2. Membimbing dan mengarahkan teknik memahami isi bacaan.
3. Memperluas pengetahuan para siswa.
4. Membantu menyebarkan kecakapan berbahasa dan daya pikir para siswa dengan menyediakan materi bacaan yang bermutu.
5. Membimbing para siswa supaya sanggup memakai dan memelihara materi pustaka dengan baik.
6. Memberikan dasar-dasar ke arah studi mandiri.
7. Memberikan kesempatan kepada para siswa untuk berguru bagaimana cara memakai perpustakaan dengan baik, efektif dan efisien, terutama dalam memakai bahan-bahan referensi.
8. Menyediakan bahan-bahan pustaka yang menunjang pelaksaanan kegiatan kurikulum di sekolah baik yang bersifat kurikuler, kokurikuler, maupun ekstra kurikuler.

B. FUNGSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH.
Berdasarkan tujuan perpustakaan sekolah, maka sanggup dirumuskan beberapa fungsi perpustakaan, sebagai berikut :
1. Fungsi Edukatif.
Yang dimaksud dengan fungsi edukatif yaitu perpustkaan menyediakan materi pustaka yang sesuai dengan kurikulum yang bisa membangkitkan minat baca para siswa, menyebarkan daya ekspresi, menyebarkan kecakapan berbahasa, menyebarkan gaya pikir yang rasional dan kritis serta bisa membimbing dan membina para siswa dalam hal cara memakai dan memelihara materi pustaka dengan baik.

2. Fungsi Informatif.
Yang dimaksud dengan fungsi informatif yaitu perpustakaan menyediakan materi pustaka yang memuat informasi wacana banyak sekali cabang ilmu pengetahuan yang bermutu dan uptodate yang disusun secara teratur dan sistematis, sehingga sanggup memudahkan para petugas dan pemakai dalam mencari informasi yang diperlukannya.

3. Fungsi Administratif
Yang dimaksudkan dengan fungsi administratif ialah perpustakaan harus mengerjakan pencatatan, penyelesaian dan pemrosesan bahan-bahan pustaka serta menyelenggarakan sirkulasi yang praktis, efektif, dan efisien.
4. Fungsi Rekreatif.
Yang dimaksudkan dengan fungsi rekreatif ialah perpustakaan disamping menyediakan buku-buku pengetahuan juga perlu menyediakan buku-buku yang bersifat rekreatif (hiburan) dan bermutu, sehingga sanggup dipakai para pembaca untuk mengisi waktu senggang, baik oleh siswa maupun oleh guru.
5. Fungsi Penelitian
Yang dimaksudkan dengan fungsi penelitian ialah perpustakaan menyediakan bacaan yang sanggup dijadikan sebagai sumber / obyek penelitian sederhana dalam banyak sekali bidang studi.

C. SUMBANGAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN DI SEKOLAH.
Bila diperhatikan secara jenih, maka perpustakan sekolah bersama-sama memperlihatkan sumbangan terhadap pelaksanaan kegiatan pendidikan di sekolah. Sumbangan / peranan perpustakaan antara lain :
1. Perpustakaan merupakan sumber ilmu pengetahuan dan sentra kegiatan belajar.
2. Perpustakaan merupakan sumber ide-ide gres yang sanggup mendorong kemauan para siswa untuk sanggup berpikir secara rasional dan kritis serta memperlihatkan petunjuk untuk mencipta.
3. Perpustakaan akan memperlihatkan jawaban yang cukup memuaskan bagi para siswa, sebagai tuntutan rasa keingintahuan terhadap sesuatu, benar-benar telah terbangun.
4. Kumpulan materi pustaka (koleksi) di perpustakaan memberika kesempatan membaca bagi para siswa yang mempunyai waktu dan kemampuan yang beraneka ragam.
5. Perpustakaan memperlihatkan kesempatan kepada para siswa untuk mempelajari cara mempergunakan perpustakaan yang efisien dan efektif.
6. Perpustakaan akan membantu para siswa dalam meningkatkan dalam kemampuan membaca dan memperluas perbendaharaan bahasa.
7. Perpustakaan sanggup menjadikan cinta membaca, sehingga sanggup mengarahkan selera dan apresiasi siswa dalam pemilihan bacaan.
8. Perpustakaan memberikab kepuasan akan pengetahuan di luar kelas.
9. Perpustakaan merupakan sentra rekreasi yang sanggup memperlihatkan hiburan yang sehat.
10. Perpustakaan memperlihatkan kesempatan kepada para siswa dan guru untuk mengadakan penelitian.
11. Perpustakaan merupakan kerikil loncatan bagi para siswa untuk melanjutkan kebiasaan hidup membaca di sekolah yang lebih tinggi.
12. Kegairahan / minat baca siswa yang telah dikembangkan melalui perpustakaan sangat kuat kasatmata terhadap prestasi belajarnya.
13. Bila minat membaca sudah tumbuh dan berkembang pada diri siswa, maka perpustakaan juga sanggup mengurangi jajan anak, yang ini biasanya sanggup kuat negatif terhadap kesehatan anak.
14. Bahkan perpustakaan juga bagi bawah umur sanggup menjauhkan diri dari tindakan kenakalan, yang bisa menjadikan suasana kurang sehat dalam hubungan berteman diantara mereka.

BAB III
PENUTUP

A. SIMPULAN
Berdasarkan uraian bahasan “Peranan Perpustakaan Sekolah terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah” sanggup disimpulkan bahwa :
1. Peranan perpustakaan sangat menunjang prestasi pendidikan di sekolah.
2. Perpustakaan sangat penting dan harus ada pada setiap sekolah di semua jenjang pendidikan.
3. Pengelolaan perpustakaan harus dilaksanakan sesuai dengan tujuan dan fungsinya

B. SARAN
Bertolak dari peranan perpustakaan yang begitu banyak sumbangsihnya dalam pelaksanaan kegiatan pendidikan di sekolah, penyusun memperlihatkan saran sebagai berikut:
1. Sebaiknya perpustakaan dikelola sesuai dengan tujuan dan fungsinya.
2. Peran pengelola perpustakaan / pustakawan yang profesional hendaknya mendapat bekal yang cukup sehingga menjadi pustakawan yang handal dan profesional.


DAFTAR PUSTAKA

- Buku Pendidikan Kewarganegaraan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel