Contoh Makalah Merancang Seni Administrasi Pemasaran

A. STRATEGI PEMIMPIN PASAR
1. Memperluas Keseluruhan Pasar
- PEMAKAI BARU. Setiap kelas produk mempunyai potensi menarik pembeli yang tidak mengetahui produk itu atau yang menolaknya alasannya harganya atau keistimewaannya yang kurang. Produsen sanggup mencari pemakai gres di antara tiga kelompok. Misalnya, pembuat parfum sanggup mencoba meyakinkan perempuan yang belum memakai parfum untuk menggunakannya (strategi penetrasi pasar), atau menyakinkan laki-laki untuk mulai memakai parfum (strategi pasar baru), atau menjual parfum di negara lain (strategi perluasan geografis)
- PENGGUNA BARU. Pasar sanggup diperluas dengan menemukan dan mempromosikan penggunaan gres suatu produk. Misalnya, orang Amerika umumnya makan sereal sarapan kering tiga kali seminggu. Produsen sereal akan untung kalau mereka sanggup meproduksikan makan sereal di kesempatan lain selama hari itu-mungkin sebagai kudapan larut malam atau pergi menjelang siang.
- PENAMBAHAAN PENGGUNAAN. Strategi perluasan pasar ketiga ialah meyakinkan orang untuk memakai lebih banyak produk itu setiap kali penggunaan. Jika produsen sereal sanggup menyakinkan orang untuk makan semangkok penuh sereal daripada setengah mangkok, total penjualan akan meningkat
2. MEMPERTAHANKAN PANGSA PASAR
Sambil berusaha memperluas pasar keseluruhan, perusahaan yang mayoritas harus terus memepertahankan bisnisnya ketika ini terdapat serangan pesaing. Pemimpin itu menyerupai gajah yang diserang oleh daerah lebah. Lebah yang tersebut dan terganas terus mendengung di sekeliling pemimpin.


B. STRATEGI PENANTANG PASAR
Perusahaan yang menempati urutan kedua dan seterusnya sanggup disebut peringkat berikutnya (runner up) atau pengikut. Beberapa, menyerupai Colgate, Ford, Mountgomery Ward, Avis, Westinghouse dan Pepsi-Cola, cukup besar. Perusahaan peringkat berikutnya ini sanggup mengambil salah satu dari dua sikap. Mereka sanggup menyerang pemimpin secara bernafsu untuk mendapat pangsa pasar (penantang pasar-market follower).
1. Menentukan Sasaran dan Lawan Strategis
Seorang penantang pasar harus menentukan dulu target strategisnya. Sebagian besar target strategis penantang pasar ialah meningkatkan pangsa pasarnya. Keputusan untuk menyerang beriteraksi dengan keputusan siapa yang akan diserang :
• Menyerang pemimpin pasar ; Ini merupakan taktik berisiko tinggi namun berimbalan tinggi dan masuk logika bila si pemimpin ialah “pemimpin palsu” yang tidak melayani pasar dengan baik. Daerah yang perlu diamati ialah kebutuhan atau ketidakpuasan pelanggan
• Menyerang perusahaan seukuran yang tidak bekerja dengan baik dan kekurangan uang : Penantang pasar sanggup menyerang perusahaan yang mempunyai produk tua, yang mengenakan harga berlebihan, atau yang tidak memuaskan pelanggan.
• Menyerang perusahaan kecil lokal dan regional yang tidak bekerja dengan baik dan kekurangan uang : Beberapa perusahaan bir besar tumbuh mencapai ukuran kini tidak dengan mencuri pelanggaan perusahaan lain tetapi dengan memangsa perusahaan-perusahaan yang lebih kecil.

C. STRATEGI PENGIKAT PASAR
v Pemalsu (counterfeite) : Pemalsu menduplikatkan produk dan kemasann pemimpin dan menjualnya di pasar gelap atau melalui penyalur yang jelek reputasinya. Perusahaan menyerupai Apple Computer dan Rolex diganggu oleh persoalan pemalsuan, terutama di timur jauh, dan sedang mencari cara untuk mengalahkan pemalsu-pemalsu tersebut.
v Pengklon (cloner) : Pengloan mengikuti produk distribusi, iklan pemimpin, dan sebagainya. Produk dan kemasan pengkloan menyerupai milik pemimpin, sementara merek mungkin sedikit berbeda, menyerupai “Coka-cola” bukanya “Coca-cola”. Pengkloan secara benalu hidup dari investasi pemimpin pasar. Misalnya, Ralcop Holding Inc. menjual imitasi merek sereal dalam kemasan yang serupa. Tateeos, Fruite Rings, dan Corn Flakes-nya dijual lebih murah $1 sekotak daripada merek pemimpin. Dalam bisnis komputer, klon ialah kenyataan hidup. Sebagian besar pesaing IBM di pasar PC mulai dengan mengkloan PC IBM.
v Peniru (imitator) : Peniru mencontek beberapa hal dari pemimpin, namun masih mempertahankan diferensiasi dalam hal kemasan, iklan, harga dan lain-lain. Pemimpin tidak peduli dengan peniru asal peniru tidak menyerang pemimpin secara agresif. Peniru bahkan membantu pemimpin menghindari tuduhan monopoli.
v Pengadaptasi (adapter) : Pengadaptasi mengambil produk pemimpin dan mengadaptasi atau meperbaikinya. Pengadaptasi mungkin menentukan untuk menjual pada pasar yang berbeda untuk menghindari konfrontasi pribadi dengan pemimpin. Namun sering pengadaptasi menjadi penantang masa depan, menyerupai yang dilakukan banyak perusahaan jepang sesudah mengadaptasi dan memperbaiki produk yang dikembangkan di tempat lain.

D. STRATEGI PERELUNG PASAR
Alternatif dari menjadi pengikut di pasar besar ialah pemimpin di pasar kecil, atau relung pasar (niche). perusahaan kecil umumnya menghindari persaingan melawan perusahaan besar dengan mengincar pasar kecil yang tidak menarik perusahaan besar.

PENUTUP

Pengikut pasar harus mempunyai taktik yang bersasaran mempertahankan dan meningkatkan pangsa pasar serta memperluas pasar. Pengikut sanggup berperan sebagai pemalsu, pengkloan, peniru, atau pengadaptasi.

Contoh, Makalah, MERANCANG STRATEGI
PEMASARAN, PEMIMPIN, PENANTANG,
PENGIKUT. PERELUNG, PASAR, uang, kerja

Sumber, id.shvoong.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel